Cara Mengatasi Android Boot Loop Pada Semua Smartphone Samsung Galaxy Series

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mengalami hal ini saat melakukan rooting, memperbarui atau mem-flash Smartphone Samsung Galaxy Anda, Android Boot Loop. Ini adalah kesalahan umum Android firmware yang melempar ponsel Anda ke dalam peretasan boot tanpa akhir. Silakan ikuti langkah-langkah sederhana yang diberikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah Android Boot Loop pada Smartphone Android Samsung Galaxy favorit Anda.

 

 

Gejala dan penyebab Android Boot Loop

  • Ini biasanya terjadi setelah rooting, flashing, instalasi ROM khusus, dll
  • Telepon biasanya tidak akan boot, itu akan terjebak pada Logo Samsung untuk waktu yang tidak terbatas
  • Ponsel tidak akan masuk ke menu beranda
  • Ponsel akan terjebak pada logo pabrikan
  • Telepon terjebak di layar nomor model ponsel

Jika Samsung Android Smartphone Anda mengalami salah satu gejala di atas, Anda dapat mengonfirmasi bahwa itu ada di Android Boot Loop.

Langkah-langkah untuk menyelesaikan Android Boot Loop Pada Samsung Galaxy Smartphone

Metode 1 (Stock ROM)

Langkah 1 :

Pertama Anda perlu mematikan Samsung Galaxy Smartphone Anda dan masukkan ke Android “Recovery Mode”. Untuk memasukkan Samsung Galaxy Smartphone Anda di Mode Pemulihan Android, tekan dan tahan tombol “Home” + “Power” + “Volume Up”, dan lepaskan tombol daya setelah Anda melihat nomor model ponsel Anda di layar sambil memegang tombol lain, sekarang Anda akan dimasukkan ke dalam Mode Pemulihan Android. Silakan periksa gambar di bawah ini untuk referensi. Untuk smartphone seperti Samsung Galaxy S8 tidak ada tombol fisik “Home” jadi tekan dan tahan tombol “Power” + “Vol Up”.

Info : Bahkan jika telepon Anda beralih “On” dan “Off” Anda dapat melakukan prosedur yang sama.

Metode yang umum untuk hampir semua Samsung Galaxy Smartphone, sehingga Anda dapat mengikuti salah satu dari tutorial di atas untuk memasukkan Smartphone Galaxy kami ke mode pemulihan.

Langkah 2 :

Setelah Anda berada dalam mode pemulihan, Anda akan melihat layar yang sama seperti di screen shot yang diberikan di bawah ini;

Jenis Menu Pemulihan (1)

Jenis Menu Pemulihan (2)

Langkah 3 :

Sekarang dalam Mode Pemulihan Android untuk menyelesaikan Android Boot Loop pada Samsung Galaxy Android Smartphone Anda pilih opsi “wipe cache partition”. Anda dapat menggunakan tombol “Volume Naik” dan “Volume Turun” untuk menggulir dan tombol “Daya” untuk mengkonfirmasi tindakan.

Langkah 4 :

Setelah selesai, gunakan opsi “reboot system now” dari menu utama mode pemulihan untuk memulai ulang ponsel.

Metode 2 (Custom ROM)

Jika masalah tidak diselesaikan dengan metode 1 maka Anda dapat melakukan langkah yang diberikan di bawah ini untuk menyelesaikan Android Boot Loop pada Samsung Galaxy Android Smartphone Anda. Tetapi metode ini dapat dilakukan hanya pada ROM khusus.

Langkah 1 :

Silakan lihat Tipe Menu Pemulihan (1) screen shot yang diberikan di atas. Dalam menu mode recovery utama, pilih opsi “advanced” dan pilih “Wipe Dalvik Cache”

Langkah 2 :

Sekarang masuk ke menu utama mode pemulihan dan pilih opsi “reboot sistem sekarang”.

Itu saja … Masalah Android Boot Loop akan diselesaikan sekarang.

Metode 3 (Stock ROM)

Jika masalah masih belum teratasi bahkan dengan metode 3 maka Anda dapat mencoba metode ini. Harap dicatat bahwa semua data di ponsel Anda akan dihapus setelah Anda melakukan prosedur ini, jadi silakan membuat cadangan dari semua data perangkat Anda sebelum melanjutkan.

Langkah-Langkah

  • Masukkan Samsung Galaxy Android Smartphone Anda ke mode pemulihan Android
  • Setelah Anda berada dalam mode pemulihan Android, pilih opsi “hapus data / setel ulang pabrik” dan konfirmasikan tindakan di langkah berikutnya
  • Sekarang masuk ke menu utama mode pemulihan dan pilih opsi “reboot sistem sekarang” dan perangkat Anda akan dimulai ulang dan akan boot dengan sukses.

Dengan melakukan semua langkah di atas atau sebagian akan membantu Anda menyelesaikan masalah Android Boot Loop pada Samsung Galaxy Android Smartphone Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *